Bermain dan Belajar dengan GCompris 6


Dunia anak adalah dunia bermain. Bagi anak-anak, bermain adalah belajar. Bermain adalah aktivitas yang dibutuhkan untuk mengasah keterampilan, karena itu perlu diperhatikan agar anak mendapat manfaat yang optimal dari kegiatan bermainnya.

Saat ini komputer telah menjadi media bermain yang sangat digemari oleh anak. Banyak program aplikasi permainan yang beredar, namun tidak semuanya bersifat mendidik dan bermanfaat bagi anak-anak. Oleh karena itu, pilihlah perangkat lunak (software) yang bersifat “Edutainment” yakni yang memadu “education (pendidikan)” dan “entertainment (hiburan)”. Selain itu, software tersebut harus mempunyai kemampuan menumbuhkembangkan kreatifitas dan imajinasi anak serta melatih saraf motoriknya.

Salah satu software permainan yang sangat mendidik adalah GCompris. Software ini bisa diunduh di http://gcompris.net. Dan bila Anda pengguna Linux, maka Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk memperoleh edisi lengkapnya.

GCompris adalah perangkat lunak pendidikan yang berisi berbagai macam kegiatan untuk anak usia 2 – 10 tahun. Kendati dijalankan sambil bermain unsur pembelajarannya banyak. Gambar-gambar yang lucu dan menarik serta warna-warna yang ceria, akan membuat anak betah untuk belajar.

Apa saja pelajaran yang disajikan Gcompris? Banyak! Antara lain:

  • Pengenalan komputer: pengenalan keyboard dan mouse, belajar mengetik, dll

  • Matematika: Kali, Bagi, Tambah, Kurang (KABATAKU) semuanya dalam bentuk permainan

  • Sains: siklus air, rangkaian listrik, dll

  • Geografi: menempatkan negara pada peta lewat permainan puzzle

  • Kemampuan bahasa: Mengenal huruf, belajar membaca, mencocokkan benda dengan namanya, dsb

  • Permainan: Catur, memori, Sudoku, dsb

  • Lain-lain: Mengenal jam, teka-teki gambar, menggambar vektor, membuat animasi, dsb

Semuanya dijalankan sembari bermain, sehingga anak-anak akan menyerap materi pembelajaran secara alami.

Saat ini GCompris berisi lebih dari 100 kegiatan dan masih terus dikembangkan. GCompris adalah perangkat lunak bebas (Open Source). Artinya, Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan Anda, mengembangkannya, dan yang paling penting berbagi dengan anak-anak di seluruh dunia.

gcompris1gcompris21

gcompris3 gcompris4

CATATAN :  Tulisan ini telah dimuat pada Harian Tribun Timur edisi Jumat, 13 Februari 2009, atau bisa dilihat versi onlinenya di :  http://tribun-timur.com/read/artikel/11085


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 thoughts on “Bermain dan Belajar dengan GCompris

    • Milvia

      We have four kids, all homeschooled, and use a lot of free sotrwafe. Our computers all run different versions of Ubuntu or Debian (some dual-boot Windows), my wife makes worksheets in OpenOffice and Gimp. And of course our younger ones get a lot out of GCompris.But probably the most important tool we use is Moodle. It may seem strange, since Moodle is really designed for large schools doing distance education, but it’s a great way to organize materials when you’re planning out your next unit/session/semester. It’s especially great for subjects with a lot of vocabulary or multimedia content.We have Moodle set up on a little LAMP server I built from a donated Pentium 4, on which I’ve also got several little useful applications that I’ve written. Other than that, my oldest is really interested in programming, so he’s been playing with Scratch and is now reading some tutorials on Python. One of his dreams is to learn C++ someday and contribute to SuperTux (he’s only 9).

  • Can Masagi

    GCompris itu hebat, bebas (free) kalau kata orang Indonesia mah Gratis! (padahal tidak)…. Jalan di Linux, ada bahasa Indonesianya. Buat Windows juga ada, sayang buat Mac OS X belum ada tuh!

    Anak saya (4 tahun 8 bulan) suka sekali bermain EduGames ini di Fedora Linux 11, sudah hapal angka dan menulis angka… Berimajinasi dengan menggambar….