Skip to content

Hotel Melia Makassar, Your Date With The World

Posted in Jalan-jalan, and Review


img_1874

Aroma wangi bunga seketika menyeruak begitu saya melangkahkan kaki melewati pintu depan Hotel Melia Makassar. Staff hotel yang begitu sigap menyambut saya di lobby hotel yang tampak begitu modern.

Hotel yang berlokasi di Jl. A. Mappanyukki No.17 ini memang baru beroperasi di bulan Juli 2016, tapi sebagai salah satu mata rantai dari jaringan MELIÃ Hotel International, pelayanannya pastilah sesuai standar international.

img_1873

Beberapa kali melakukan perjalanan ke berbagai tempat baik itu dalam maupun luar negeri membuat saya bisa merasakan pengalaman menginap di berbagai macam hotel, mulai dari budget hotel sampai hotel berbintang. Dan yang paling penting bagi saya adalah kesan yang saya dapatkan selama menginap.

So, let’s start #MyMeliaExperience!

Karena hanya akan menginap satu malam, bawaan saya tentu saja sedikit. Dan karena saya memilih untuk berkeliling hotel terlebih dahulu, maka saya menitipkan tas saya pada staff hotel. Selesai berkeliling sebentar, saya pun menuju kamar untuk istirahat.

Saya mendapati tas saya sudah diletakkan di sudut kamar sementara perhatian saya tertuju pada jamuan kecil di atas meja..

img_1594

Wow.. semua hotel punya cara tersendiri dalam menyambut tamunya, and this is a very nice “world-class welcome” yang diberikan Melia. Sementara hotel-hotel lain hanya menyajikan welcome drink bagi para tamu, Melia memberikan sentuhan berbeda. Love it!

Tak hanya itu, sekira 15 menit sejak saya memasuki kamar, telepon di kamar pun berdering. Suara wanita yang lembut itu menanyakan apakah jaringan wifi bisa saya akses tanpa kendala, dan apakah saya memiliki keluhan ataukah ada kebutuhan lain yang ingin diantarkan ke kamar sebelum saya beristirahat. Mendadak serasa jadi tuan putri 😍

img_1864

Ada 4 tipe kamar yang disediakan oleh Hotel Melia yaitu Deluxe, Premium, Junior Suite, dan The Level. Saya menempati kamar type Deluxe, sedikit lebih kecil dari ekspektasi saya. Terdapat satu tempat tidur king size, satu meja kerja di sudut kamar, televisi 42″, minibar yang isinya lengkap dari softdrink hingga coklat, safety box, dan isi kamar standar lainnya.

img_1860

img_1859

Personal touch,  mungkin ini kelebihan lain yang bisa kita dapatkan di Melia Hotel. Mereka menjadikan setiap tamu merasa diistimewakan. Kenyamanan dan privasi tamu pun dimengerti dengan sangat baik oleh pihak Melia, karena itu khusus bagi tamu yang menginap di kamar tipe The Level, tersedia lounge The Level yg terletak di lantai 18. Tamu-tamu yang menginap di tipe The Level itu, bisa checkin dan checkout, sarapan, coffee break, tea time, bahkan meeting kecil-kecilan di lounge The Level, yang tentu saja tidak bisa diakses oleh tamu hotel lain yang menginap di lantai bawah. Tak heran banyak artis yang memilih hotel ini sebagai tempat menginap selama mereka berada di Makassar. Kebayangkan riuhnya kalau public figure macam mereka menginap di hotel yang tidak memberi privacy seperti ini, mau sarapan saja pasti terganggu oleh tamu lain walau sekedar diminta untuk foto bersama.

Balik ke soal kamar, yuk kita lihat bathroomnya 😀

Shower dan closet berada di bilik terpisah. Ada dua macam shower, yang satu adalah shower standar dan satunya lagi ada rain shower 😍 Saya selalu suka rain shower, mandi di bawah rain shower rasanya seperti meluruhkan semua penat setelah seharian beraktifitas.

45af09cc-84f7-47bb-b519-77e8b291ed76

Amenities dalam bathroom tentu saja lengkap dan dikemas dengan “mewah”. Cocoklah jadi souvenir untuk dibawa pulang #ehh

***

Malam menjelang, saatnya menikmati makan malam super lezat di Merkado Restaurant.

img_1928

Merkado terletak di lantai 6, setiap pagi hingga jam 10 adalah area sarapan bagi tamu hotel, setelah itu tempat ini berubah menjadi dining area dengan menu-menu unik dan enak 😍 Tak hanya menu international, menu lokal pun tersedia di sini.

Saya hanya tahu dua rasa makanan, enak dan enak banget. Meski demikian, saya orang yang lidahnya Indonesia banget, nasi panas kemudian disiram air es (iya, itu kebiasaan yang aneh), plus tempe tahu dan sambel terasi adalah makanan terlezat bagi saya. Mencoba makanan yang kebarat-baratan biasanya malah bikin saya eneg.

Tapi malam itu bisa dibilang adalah pertama kalinya saya menyantap habis salad sayuran, makanan pembuka yang memang sangat segar itu.

img_1929

Sebagai main dish, pelayan di Merkado menyarankan Poached Salmon with Purple Sweet Potato. Makanan ini, ya ampuuun enaknya…😍😍 Saya yang tadinya mengaku sudah kenyang, malah makan sampai habis tak bersisa 🙈 sebenarnya malah pengen nambah tapi malu 😅

img_1930

Tak cukup sampai di situ kelezatan yang ditawarkan oleh chef Merkado, makan malam saya ditutup dengan sajian Molten Bitter Sweet Chocolate Fondant, kue coklat dengan coklat leleh di bagian tengahnya yang disajikan bersama es krim vanila dan kembang gula, oalahhh…. diet? apa itu?

img_1931

Selesai makan malam, saya diajak ke lantai 20 dan 21 untuk melihat-lihat roof top bar yang sepertinya akan menjadi tempat hangout favorit anak muda Makassar.

Di rooftop bar yang mereka beri nama The Society, kita bisa melihat kota Makassar dengan view 90 derajat di lantai 20 dan 360 derajat di lantai 21. What a great view! Biar lebih jelas, fotonya penampakan saat pagi saja yah 🙂

img_1934

img_1935

img_1936

Well, sudah malam, saatnya beristirahat 😀

Paginya, telepon di kamar saya berdering. Suara merdu di ujung sana menyampaikan bahwa saya bisa memilih untuk sarapan di lantai Merkado Restaurant, atau di lounge The Level. Saya memilih untuk sarapan di Merkado dan icip-icip kue di lounge The Level.

5e4f06bf-3020-4df7-847b-c052640d72a6

Merkado cukup ramai pagi itu, wajar saja, meski bukan di akhir pekan, tingkat hunian hotel ini mencapai 70%. Para tamu yang berasal dari daerah dan latar belakang pekerjaan berbeda, tentu saja memiliki kebiasaan sarapan yang berbeda. Dan Merkado seakan memenuhi semua selera tamu-tamunya dengan menyajikan menu sarapan yang sangat beragam.

978493f2-be8a-4dea-ad4d-ae68e75e9342

Makan enak terus khawatir bikin badan melar? Jangan khawatir, di Melia tentu saja ada fasilitas gym dan kolam renang. Bahkan,  jika menjadi member di fitness centre Melia, kita akan didampingi oleh Personal Trainer, dan itu cukup dengan Rp700.000,-/bulan. Sudah termasuk fasilitas kolam renang dan sauna.

img_1865

Nah, ngobrol soal kolam renang, terdapat kolam renang yang terbagi dua menjadi kolam dewasa dan anak yang bisa diakses oleh semua tamu hotel. Tak jauh dari kolam ada Le Pool Bar yang menyajikan makanan dan minuman ringan sebagai teman bersantai di pinggir kolam. Tamu yang tidak menginap pun tetap bisa menikmati fasilitas kolam renang dengan terlebih dahulu melakukan pemesanan di Le Pool Bar senilai Rp200.000,-

img_1861

Kolam renang dan Le Pool Bar ini terletak di lantai 5, berada satu lantai dengan fitness centre dan Alma Spa dan Salon.

Wait, what? Ada salon dan spa juga? 😍

Yup, Alma Spa and Salon adalah pusat kecantikan yang dikelola oleh Melia. Kata Alma sendiri berarti “jiwa” dalam bahasa Spanyol. Karenanya Alma Spa and Salon memberikan pelayanan menyeluruh, bukan hanya dari sisi fisik tapi juga bagi keseimbangan mind, body and soul. Alma Spa dan Salon dikengkapi dengan fasilitas ruang perawatan Single dan Double serta bathtub with jacuzzi.

img_1868

Hmm, sepertinya Melia memang asyik sebagai tempat liburan yah? Tapi bukan berarti ga bisa buat acara resmi loh..

Melia Hotel Makassar memiliki 6 ruangan serbaguna yang dengan kapasitas hingga 200 orang serta satu ruangan meeting vip dengan kapasitas 12 orang.

img_1863

img_1872

Semua ruangan serbaguna ini dilengkapi dengan fasilitas audiovisual, akses wifi, dan perlengkapan presentasi jika dibutuhkan. Dan sekali lagi untuk memanjakan tamunya, mushalla dan toilet di letakkan di lantai yang sama dengan ruang serbaguna tersebut.

Nah, penasaran sama Melia Hotel? yuuk segera ke :

MELIA HOTEL MAKASSAR

Jl Andi Mappanyukki No 17
90125
Indonesia
COORDINATES:
N +119º 24′ 53.26″ / W -5º 9′ 1.92″

Contact information

Tel: (62) 411 6017 888
Fax: (62) 411 6017 999
info@meliamakassar.com

www.melia.com

14 Comments

  1. Pelayanannya penuh perhatian ya

    November 2, 2016
    |Reply
    • ama
      ama

      😀 kakak ratna curhat?

      November 2, 2016
      |Reply
  2. wiiiih, ajak2 dong..

    makanannya ohmaigod..

    ((apa itu diet))

    November 2, 2016
    |Reply
    • ama
      ama

      ishh.. Tari waktu nhinap di sana nda ajak saya :p

      November 2, 2016
      |Reply
  3. Aduuh… Jadi pengen merasakan nikmatnya nginap di Melia..
    Ada voucher gak ama?

    November 2, 2016
    |Reply
    • ama
      ama

      kalau ada ga bakal saya bagi kak 😀 saya pelit kalo urusan Melia ini

      November 2, 2016
      |Reply
  4. Weehh kak ama..itu foto makanan ta kece badai, serasa mauka langsung terbang ke Merkado..haha

    November 2, 2016
    |Reply
    • ama
      ama

      iya, saya masih terbayang-bayang rasa makanannya

      November 2, 2016
      |Reply
  5. sukaaaaaa bangedddddd sama ulasannya kak ama
    one day ya one day saya mau honeymoon-an di sini
    ahahahah

    November 2, 2016
    |Reply
    • ama
      ama

      eh, kalo bilang mau honeymoon, mereka malah nambahin suasana romatis dalam kamar loh

      November 2, 2016
      |Reply
  6. Keren yaa.. ! Gak cuma tempatnya tapi juga pelayanannya yg bikin betah. Customer oriented banget. Rasanya pengen ngehired semua staff Melia pindahin ke kantor aku. Hahaha

    November 2, 2016
    |Reply
    • ama
      ama

      banget kak.. saya suka saya suka..

      November 2, 2016
      |Reply
  7. mauta juga menginap dimelia kapan yaa staycation disini

    November 2, 2016
    |Reply
  8. Deeh lengkapnya ulasannya. Cocokmi jadi marketing. Mauta’ mi juga nginap di hotel. Ndak pernah ka’ kodong nginap di hotel bagus.

    November 3, 2016
    |Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *