Skip to content

membuat file PDF dengan OpenOffice

Posted in Corat-coret

PDF adalah format dokumen yang dikeluarkan oleh Adobe (http://www.adobe.com). Dokumen yang telah disimpan ke dalam format PDF tidaklah mudah di edit kembali serta lebih mudah dibaca. Karena itulah maka banyak orang menggunakan format PDF untuk Ebook dan dokumen-dokumen yang dikirimkan melalui surat elektronik (email).

Ada banyak perangkat lunak yang bisa digunakan untuk membuat file PDF, salah satunya adalah Adobe Acrobat yang juga dikeluarkan oleh Adobe. Tapi jika Anda pengguna OpenOffice, Anda tidak perlu repot-repot membeli dan menginstal software tambahan, karena dengan OpenOffice Anda bisa membuat file PDF hanya dengan 1 klik.

Apapun format dokumen Anda, baik itu tulisan, tabel, maupun presentasi, semuanya bisa diubah ke format PDF cukup dengan sekali klik. Fasilitas “Export file as PDF” memang sudah terintegrasi ke dalam Open Office.

Caranya pun sangat mudah :

  1. Buka file yang ingin diubah ke format PDF

  2. Klik icon “Export direcly as PDF” yang terdapat pada toolbar.

  3. Lalu “Save”. Dan dokumen PDF pun telah jadi.

1

Bila icon “Export direcly as PDF” tidak tampak pada toolbar, Anda bisa menggunakan menu File > Export as PDF.

2

CATATAN :  Tulisan ini telah dimuat pada Harian Tribun Timur edisi Jumat, 13 Maret 2009, atau bisa dilihat versi onlinenya di http://www.tribun-timur.com/read/artikel/16384

4 Comments

  1. gak pernah pake open office 😀

    March 14, 2009
    |Reply
  2. azza
    azza

    Thank’s artikelnya, semula saya bingung bagaimana cara membuat file PDF
    akhirnya saya bisa membuat file PDF

    April 8, 2009
    |Reply
  3. tips yang bermanfaat

    kunjungan perdana n salam kenal

    April 23, 2009
    |Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *