membuat file PDF dengan OpenOffice 4


PDF adalah format dokumen yang dikeluarkan oleh Adobe (http://www.adobe.com). Dokumen yang telah disimpan ke dalam format PDF tidaklah mudah di edit kembali serta lebih mudah dibaca. Karena itulah maka banyak orang menggunakan format PDF untuk Ebook dan dokumen-dokumen yang dikirimkan melalui surat elektronik (email).

Ada banyak perangkat lunak yang bisa digunakan untuk membuat file PDF, salah satunya adalah Adobe Acrobat yang juga dikeluarkan oleh Adobe. Tapi jika Anda pengguna OpenOffice, Anda tidak perlu repot-repot membeli dan menginstal software tambahan, karena dengan OpenOffice Anda bisa membuat file PDF hanya dengan 1 klik.

Apapun format dokumen Anda, baik itu tulisan, tabel, maupun presentasi, semuanya bisa diubah ke format PDF cukup dengan sekali klik. Fasilitas “Export file as PDF” memang sudah terintegrasi ke dalam Open Office.

Caranya pun sangat mudah :

  1. Buka file yang ingin diubah ke format PDF

  2. Klik icon “Export direcly as PDF” yang terdapat pada toolbar.

  3. Lalu “Save”. Dan dokumen PDF pun telah jadi.

1

Bila icon “Export direcly as PDF” tidak tampak pada toolbar, Anda bisa menggunakan menu File > Export as PDF.

2

CATATAN :  Tulisan ini telah dimuat pada Harian Tribun Timur edisi Jumat, 13 Maret 2009, atau bisa dilihat versi onlinenya di http://www.tribun-timur.com/read/artikel/16384


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 thoughts on “membuat file PDF dengan OpenOffice