PRUprime Healthcare Syariah, Solution to Your Needs.


Saya selalu bingung ketika orang-orang mengatakan bahwa memiliki asuransi adalah pemborosan, buang-buang uang, malah ada yang menganggapnya sebagai pembodohan. Hello?

Ada juga orang yang merasa rugi karena sudah bertahun-tahun membayar asuransi tapi tidak pernah mendapat manfaatnya. Nah ini maunya apa yah? Kalo ngambil asuransi kesehatan kan berarti harus sakit dulu biar ngerasain manfaatnya. Lah, jadi mau sakit?

“Lalu kalo kita ga sakit, rugi dong bayar asuransi”

Kalimat di atas paling sering saya dengar ketika berbicara soal asuransi. Tapi wajar, mungkin karena cara berpikirnya yang beda. Orang-orang itu mungkin maunya bayar asuransi seperti kredit motor. Selama masa kredit, motornya bisa dipakai ke mana-mana, ada “manfaat” yang mereka rasakan. Dan kalaupun sudah tidak mampu membayar, ga masalah kalau motornya diambil kembali, karena toh mereka sudah memakainya.

Bapak, Ibu, Teman-teman yang saya hormati.. membeli asuransi tidak seperti itu. Bagi saya pribadi, membeli asuransi berarti menyiapkan “bodyguard” jika terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan. Kalau ga ada klaim, ya alhamdulillah.. Malah, seandainya ada yang bisa menjamin bahwa saya tidak akan penah sakit selama membayar, saya pasti mau membayar berapapun itu. Tapi karena tidak ada yang bisa menjamin, makanya saya beli asuransi, sehingga ketika terjadi yang tidak diinginkan, saya punya persiapan. Jangan sampai kita tiba masa tiba akal. Pas udah sakit baru pusing mikirin biaya, bukannya jadi sembuh malah tambah stress. Karena percaya deh, sebanyak apapun harta yang kita miliki, sakit itu selalu mahal!

Oiya, buat ibu-ibu nih.. jangan percaya deh kalo suami ngomong “sayang” tapi ga mau beli asuransi, karena asuransi adalah salah satu bukti kalo suami memikirkan perlindungan untuk keluarganya. Lagian, asuransi itu termasuk investasi jangka panjang loh..

Asuransi bukannya haram? Duh, bukan kapasitas saya deh ngomongin ini. Jangan segampang itulah melabeli sesuatu dengan “haram” tanpa ilmu yang cukup. Tapi kalau masih ragu juga, coba deh asuransi PRUprime Healthcare Syariah dari Prudential.

Nama PRUDENTIAL sendiri sebenarnya sudah menjadi jaminan sebab ini adalah perusahaan asuransi terkemuka dan terpercaya serta berkomitmen untuk terus mendengarkan dan memahami kebutuhan masayrakat. Bahkan selama 10 tahun ini, Prudential telah dipercaya dan menjadi market leader di asuransi syariah Indonesia.

Asuransi Syariah itu apa sih?

Jadi konsep asuransi syariah adalah usaha saling melindungi  dan tolong menolong diantara sejumlah orang atau pihak melalui aset atau tabarru.  Tabbaru artinya sumbangan atau donasi dari peserta asuransi, yang dititipkan kepada Prudential utuk dikelola sehingga bisa menghasikan profit.  Setiap anggota asuransi syariah akan menandatangani akad secara ikhlas untuk membantu dengan memberikan hibah atau bantuan bagi peserta asuransi lain apabila terkena musibah/sakit.  Dalam hal ini nasabah bersama-sama mengumpulkan dana, yang kemudian dikelola oleh Prudential untuk mendapatkan profit. Profit yang didapat dari dana para nasabah ini sebagian akan digunakan untuk membayar manfaat tahunan, sedangkan sisanya akan menjadi surplus yang kemudian dibagikan bersama perusahaan dan nasabah.

Kenapa harus PRUprime Healthcare Syariah?

Seperti yang saya tulis di atas, nama PRUDENTIAL sendiri adalah sebuah jaminan. Sejak masuk di segmen asuransi jiwa syariah pada tahun 2007, Prudential Indonesia telah menempati posisi pemimpin pasar, dengan kontribusi bruto dana tabarru per akhir tahun 2016 sebesar Rp 2,2 triliun. Prudential Indonesia juga mencatat lebih dari 510,000 polis syariah yang aktif, serta aset sebesar Rp 3,4 triliun.

Dan memperingati tahun ke 10 dalam bidang syariah, di beberapa kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Medan, Prudential memperkenalkan PRUprime Healthcare Syariah. Di kota Medan sendiri acara diadakan di Hotel Marriot pada tanggal 12 Mei 2017 dan menghadirkan beberapa narasumber, yakni

  • Nini Sumohandoyo, Corporate Marketing, Communications and Sharia Director, Prudential Indonesia
  • Ahmad Nuryadi, Anggota Dewan Pengawas Syariah, Prudential Indonesia
  • Paradikma Subawa, Product Development, Prudential Indonesia

Pada kesempatan itu bapak Ahmad Nuryadi Asmawi, Dewan Pengawas Syariah Prudential Indonesia memaparkan pentingnya memiliki perlindungan keuangan berbasis syariah.

Bapak Ahmad Nuryadi Asmawi, Dewan Pengawas Syariah Prudential Indonesia

Nini Sumohandoyo, Corporate Marketing, Communications and Sharia Director Prudential Indonesia, menjelaskan, “PRUprime healthcare syariah merupakan produk asuransi rawat inap berbasis syariah yang membayar biaya rumah sakit sesuai tagihan, dengan jangkauan global dan manfaat yang dapat berkembang. Produk ini diluncurkan karena Prudential senantiasa mendengarkan dan memahami kebutuhan masyarakat Indonesia yang menginginkan perlindungan berdasarkan prinsip dan nilai-nilai universal syariah.”

Pemaparan pencapaian Prudential Syariah selama 10 tahun di Indonesia oleh Ibu Nini Sumohandoyo, Corporate Marketing, Communications & Sharia Director Prudential Indonesia

Lalu apa saja keunggulan PRUprime Healthcare Syariah ini?

  • Pembayaran Biaya Kamar Rumah Sakit dan Akomodasi hingga maksimum Rp 8 juta/hari (sesuai plan yang dipilih).
  • Manfaat pembayaran biaya kunjungan dokter spesialis dihitung berdasarkan per tipe spesialis*.
  • Pembayaran Manfaat Asuransi Kesehatan sesuai tagihan rumah sakit untuk beberapa manfaat pada Tabel Manfaat PRUprime healthcare syariah sesuai dengan plan yang dipilih.
  • Perlindungan kesehatan dengan biaya asuransi lebih murah dengan memilih fasilitas PRUprime saver*.
  • Terdapat manfaat PRUprime limit booster yang dapat menambah Batas Manfaat Tahunan sesuai plan yang dipilih*
  • Tambahan untuk PRUprime limit booster sebesar selisih biaya kamar rawat inap apabila Peserta menjalani rawat inap di kamar yang lebih rendah dari pilihan plan.
  • Fasilitas Manfaat Berkembang yakni 10% peningkatan Batas Manfaat Tahunan awal Asuransi Tambahan setiap tahun apabila tidak ada klaim, maksimal 50% dari Batas Manfaat Tahunan awal**.
  • Perlindungan yang lebih luas sampai ke seluruh dunia (sesuai plan yang dipilih; kecuali Amerika Serikat). Informasi terkait santunan dana marhamah.
  • Terdapat Santunan Dana Marhamah (Santunan Kasih Sayang) yang akan dibayarkan apabila Peserta Yang Diasuransikan meninggal.*

** Mengikuti ketentuan polis yang berlaku
info lengkapnya bisa diunduh di sini

Selain itu, PRUprime healthcare syariah juga menawarkan manfaat yang terus berkembang, dimana Prudential Indonesia akan memberikan penambahan sebesar 10% dari batas manfaat tahunan awal jika tidak ada klaim yang dilakukan selama satu tahun polis berjalan. Penambahan bisa diberikan hingga maksimal 50% dari batas manfaat awal, sehingga perlindungan dapat terus terjaga di tengah biaya pengobatan yang terus meningkat setiap tahunnya. Fitur ini merupakan yang pertama di industri asuransi jiwa syariah.

Nah, udah jelas kan apa saja manfaat asuransi? percaya deh, kita semua butuh asuransi.. kecuali kalau kamu superhero yang ga pernah sakit. Ups.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *