So, Here’s A Few Things You Should Know About Singapore 4



Singapore, negara kecil yang entah kenapa tak pernah membuat saya bosan. Alhamdulillah, saya selalu diberi kesempatan untuk mengunjungi negara itu setiap tahun.

Saya selalu menganggap Singapore adalah “luar negeri” yang paling dekat. Jika ingin merasakan atmosfer “luar negeri”, ke Singapura lah.. suasana, gaya hidup, dan budaya mereka bagi saya adalah miniatur dari negara-negara maju di dunia.

So, selain Merlion, Universal Studio, dan es potong khas Singapura, here’s a few things you should know about Singapore:
They  speak singlish, so forget the grammar 😁 as long as you know how to use past tense and present tense, you’re save.

Kalau lagi pake eskalator, berdirilah di sebelah kiri. Jalur sebelah kanan adalah untuk mereka yang ingin mendahului atau sedang tergesa-gesa. Dan sebenarnya kita akan sangat jarang melihat orang Singapura berdiri di eskalator. Meskipun tangganya berjalan sendiri, mereka juga tetap berjalan agar cepat sampai. Time is everything.

Perhatikan peruntukan tempat duduk di bis/MRT. Mereka sangat menghargai wanita hamil dan lansia. Jangan mengambil kursi mereka kecuali jika memang tidak ada wanita hamil/lansia di bis/kereta.

Dahulukan mereka yang keluar dari bis/MRT/lift, sebelum kita masuk.
Kalau ternyata hujan dan kamu pakai payung, sebelum masuk ke toko pastikan mengambil kantongan plastik untuk tempat payung yang selalu disediakan di pintu masuk toko.

Toiletnya kering, untuk membilas usahakan selalu membawa botol kecil untuk menampung air di wastafel sebelum masuk ke toilet. Tapi usahakan tetap menjaga keringnya wilayah toilet 😊

Kadang mereka terkesan tidak ramah kalau ngomong, tapi percayalah, itu hanya efek dari mimik wajah…

Jangan kaget kalau misalnya memakai mesin apaa begitu (doh, bahasaku) dan uang kembalian yang keluar dari mesin adalah mata uang Brunei.
Mereka punya perjanjian ekonomi dan mata uang mereka nilainya sama. Hanya saja tidak semua tempat mau menerima uang Beunei, jadi biar aman, pakai kembali uang tersebut di mesin yang mengeluarkannya.

Kalau belanja di Bugis Street, usahakan mencari ke pelosok pasar sebelum memutuskan untuk membeli.
Sebagai contoh, untuk tote bag di jalan poros Bugis street dijual $10/3pcs, tapi belok-belok sedikit bakal dapat yg jual $10/4pcs.

Menyebrang jalan wajib di tempat penyebrangan. Kadang penyebrangannya lewat bawah tanah. Perhatikan saja rambu2 pedestrian walk nya.

Well, segitu dulu yaa.. saya mau nonton si bocah latihan drum 😊


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 thoughts on “So, Here’s A Few Things You Should Know About Singapore